Kamis, 28 Januari 2016

ADAT ISTIADAT SUKU DAYAK

Dengan banyak suku yang ada di Indonesia, maka ada beragam pula budaya dan adat istiadat yang dimiliki oleh negeri ini. Dengan kekayaan budaya tersebut, makanya tidak heran Indonesia cukup dikenal di mata dunia, dengan keragamannya yang membuat negeri ini menjadi sangat menarik. Makanya, tidak heran jika banyak pula wisatawan yang datang berlibur ke Indonesia untuk menyaksikan beberapa acara adat di Tanah Air.
Salah satu budaya yang banyak memikat para turis asing adalah adat istiadat Suku Dayak yang bermukim di pedalaman Pulau Kalimantan. Suku Dayak memang memiliki banyak budaya yang unik dan sangat berbeda dengan suku-suku lainnya di Indonesia. Budaya suku ini sangat identik sekali dengan dunia supranatural. Bahkan, hingga saat ini mereka masih mempertahankan hubungannya dengan dunia gaib tersebut dalam menjalankan adatnya.
Beberapa di antaranya, ada yang sangat unik, yaitu upacara upacara Tariu, upacara Manajah Antang, dan upacara Tiwah. Ketiga adat istiadat Suku Dayak tersebut sangat erat hubungannya dengan dunia supranatural, yaitu dengan memanggil roh para leluhur mereka untuk berbagai kepentingan bagi sukunya. Sehingga, ketiga upacara itupun menjadi kegiatan yang sangat sakral. Berikut ini pembahasan mengenai ketiga upacara Suku Dayak tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar