Kamis, 28 Januari 2016

MAKALAH BUDAYAAN BATAK

A.    Kebudayaan Batak
        Orang Batak dewasa ini untuk bagian terbesar mendiami wilayah Sumatra Utara. Mulai dari perbatasan daerah istimewa Aceh di utara sampai perbatasan dengan Riau dan Sumatra barat di sebelah Selatan. Selain daripada itu, orang Batak juga mendiami tanah datar yang berada diantara pegunungan dengan pantai timur Sumatra utara dan pantai barat Sumatra utara. Dengan demikian maka orang batak ini mendiami dataran Tinggi karo,Langkat hulu, Deli hulu, Serdang hulu, Simalungun, Dairi, Toba, Humbang, Silindung, Angkola, dan Mandailing dan kabupaten tapanuli Tengah.
        Pada umumnya daerah ini terkenal iklim musim tanah di datar di antara daerah pegunungan dan pantai merupakan daerah subur untuk pertanian, sedangkan daerah pegunungan terdiri dari padang rumput. Daerah pegunungan itu, masih dapat memberikan hidup kepada penghuninya berkat penggunaan teknik irigasi dan penggunaan pupuk. Teknik pengolahanya dengan sistim tegalan dan sawah. Daerah sawah sehabis panen padi lalu di tanam palawija yang merupakan barang ekspor utama dari daerah itu. Ditempat yang penanaman padinya kurang menguntungkan maka di tanam seperti bawang kacang, buah-buahan dan nilam disamping hasil hutan lainya.
        Suatu hal yang menguntungkan bagi orang batak ialah, sejak jaman kemerdekaan jaringan jalan-jalan raya telah mencapai sampai keplosok-plosok. Dengan demikian prasarana yang menghubungkan dan memperkenalkan orang batak dengan dunia luar telah tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar